Berbagi berbagai info dan pengetahuan umum. Disini kamu akan mempelajari apa yang ingin kamu pelajari, apa yang ingin kamu baca, dan apa yang ingin kamu ketahui.

Tips Mengecat Tembok Dengan Cara Hemat dan Tepat

Berapa kaleng cat tembok yang sekiranya Anda butuhkan untuk mengecat tembok kamar tidur? Pertanyaan semacam ini seringkali muncul di pikiran kita terutama saat ingin melakukan perubahan warna cat pada sebuah ruangan. Satu kaleng cat dapat digunakan untuk mengecat sekitar sembilan meter persegi.

Namun ada pengecualian untuk warna-warna tertentu. Misalnya, warna cat merah membutuhkan jumlah lebih banyak. Bahkan kadang-kadang bisa mencapai hampir empat kaleng. Perhitungan ini belum termasuk ketika Anda ingin juga mengecat langit-langit ruangan dengan warna yang sama. Faktor lain yang dapat juga digunakan sebagai bahan pertimbangan adalah kualitas dari cat tembok itu sendiri. Untuk cat dengan kualitas bagus, biasanya Anda hanya memerlukan sedikit pengulangan untuk mendapatkan hasil pengecatan terbaik. Tentunya ini juga akan menghemat dana, waktu serta tenaga.

Pada sebagian besar kamar tidur, biasanya membutuhkan sekitar dua kaleng cat. Perhitungan serta pertimbangan ini tentunya berdasar pada hasil akhir terbaik yang bisa Anda peroleh dari cat yang digunakan. Pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan antara teknik mengecat dengan menggunakan rol dan menyemprot? Teknik penyemprotan cat biasanya dilakukan untuk sebuah area pengecatan yang luas untuk menghemat waktu.

Teknik ini lebih sering digunakan terutama untuk eksterior rumah. Selain karena luasnya area yang harus dicat, risiko cat yang menyembur ke bagian lain dari tembok tidak akan separah pengecatan interior di mana semburan cat bisa mengenai aksesori, furniture serta benda berharga lainnya. Harga sebuah cat tembok biasanya dipengaruhi oleh kualitas kepadatan dan persentase kandungan akrilik dalam cat. Semakin tinggi tingkat kepadatan serta semakin banyak kandungan akrilik maka kualitas cat akan semakin bagus dan awet. Lalu hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih warna cat pelapis?

Terutama jika warna cat dinding yang lama berbeda dengan warna cat yang baru. Kamu harus melapisi tembok dengan cat pelapis, sehingga warna cat baru dapat ditampilkan dengan maksimal. Memilih warna abu-abu sebagai cat pelapis, seringkali merupakan solusi tepat untuk menampilkan warna cat baru pada dinding.

Jika Anda mencoba untuk menutup warna yang lebih gelap dengan warna cat baru yang lebih ringan, jelas akan memerlukan lebih banyak cat pelapis sebelum Anda mengaplikasikan warna cat baru pada dinding. Untuk pengecatan eksterior rumah, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi cuaca. Cuaca yang panas justru akan membantu Anda memperoleh hasil terbaik dari cat tembok yang Anda gunakan. Jangan pernah mencoba mengecat eksterior saat cuaca mendung apalagi hujan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengecat Tembok Dengan Cara Hemat dan Tepat