Berbagi berbagai info dan pengetahuan umum. Disini kamu akan mempelajari apa yang ingin kamu pelajari, apa yang ingin kamu baca, dan apa yang ingin kamu ketahui.

6 Manfaat Mandi Air Hangat Pada Tubuh Kita

Mandi hangat seringkali kita gunakan ketika kita sedang malas mandi dengan air dingin agar tidak ada alasan untuk tidak mandi. Air hangat cocok kita gunakan ketika di malam hari agar menstabilkan suhu tubuh kita. Air hangat juga ternyata dapat bermanfaat pada tubuh dan kesehatan kita.

Berikut adalah 7 manfaat mandi air hangat bagi tubuh kita

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Berendam air hangat sangat baik bagi kesehatan leher karena air tersebut dapat berpengaruh pada tekanan fisik sekaligus meningkatkan kapasitas hati kita. Ketika kita berada di dalam air, jantung akan bekerja lebih cepat dan lebih kuat.

2. Membantu kita tidur lebih nyenyak

Air panas dapat membuat tubuh lebih rileks yang sangat berpengaruh bagi tidur yang baik. Ketika tubuh  memasuki mandi air hangat, air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot-otot. Relaksasi otot-otot tidak hanya membantu kita rileks secara fisik, tetapi juga mental, dan banyak dari kita membutuhkan ketenangan pikiran setelah melakukan beragam aktivitas. Air hangat juga dapat membuat kita cepat tidur setelahnya.

3. Menurunkan berat badan

Orang yang menderita diabetes dan berendam dalam bak mandi air hangat secara teratur dapat mengurangi tingkat gula dan glukosa dalam darah. Hal ini merupakan bahwa berendam dalam air panas selama sekitar 20-30 menit dalam 6 hari seminggu dapat membuat ia kehilangan hampir 2,5 pon atau setara dengan 2 kilo berat badan

4. Membersihkan kulit

Meskipun saat mandi kita dapat membersihkan kulit, ternyata berendam air panas akan membuat kulit kita lebih bersih. Setelah berendam air panas, pori-pori akan terbuka, dan dapat membersihkan kotoran dan racun di kulit kita. Hasilnya setelah berendam, perasaan segar dan kulit lebih bersih.

5. Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Efek positif dari air panas adalah dapat menormalkan pembuluh darah kita serta meringankan tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala kita.

6. Membantu meringankan gejala batuk dan flu

Uap panas dari mandi air panas bisa mengeringkan lendir yang menumpuk di tenggorokan kita, yang merupakan salah satu alasan paling umum dari sakit batuk terus-menerus. Selain itu, mandi air panas juga dapat meringankan gejala flu. Berendam air hangat 10-15 menit ditambah dengan istirahat yang baik dapat membantu kita merasa lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Manfaat Mandi Air Hangat Pada Tubuh Kita