Berbagi berbagai info dan pengetahuan umum. Disini kamu akan mempelajari apa yang ingin kamu pelajari, apa yang ingin kamu baca, dan apa yang ingin kamu ketahui.

Penuaan Dini Dapat Anda Lihat Dengan Ciri-ciri Berikut

Terkadang jika Anda perhatikan banyak sekali orang yang terlihat tua, padahal umurnya masih terbilang masih remaja. Hal tersebut dapat terlihat dalam segi fisik dengan memperhatikan kondisi kulit dan sorot wajah. Biasanya, sorot wajahnya layu dan kering. Namun, tua sebelum waktunya tandanya tak cuma di wajah. Ada kondisi lain yang bisa dijadikan indikator kalau kita sedang mengalami proses penuaan dini.
Penuaan dini paling mudah dapat dilihat melalui kondisi kulit

Kalau selagi muda makan berapa pun banyaknya tidak jadi masalah, ketika usia bertambah porsi makan yang sama serta dapat menjadikan kita gemuk. Hal ini terjadi karena dengan bertambahnya umur, metabolisme melambat. Selain itu, semakin sempitnya waktu tidur juga merupakan pertanda lain dari proses penuaan.
Tua sebelum waktunya bisa disebabkan oleh hal-hal yang tanpa kita sadari, sering kita lakukan.

Berikut ciri-ciri orang yang berdampak penuaan dini:

1.Kurang tidur

Kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak, dapat membuat seluruh tubuh kita jadi menderita. Soalnya, tidur merupakan salah satu aktivitas yang paling penting untuk menunjang kehidupan sehat, bahagia, dan produktif.
Nah, sebaiknya berhati-hatilah bagi kita yang sering kekurangan tidur. Sebab, kurang tidur dapat dikaitkan dengan meningkatnya risiko kenaikan berat badan, kanker, dan membahayakan kesehatan tubuh lainnya. Mungkin terdengar berlebihan. Tapi, selama bertahun-tahun literatur medis telah membuktikannya. Selain itu, kurang tidur juga bisa menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata, kulit pucat, dan mata sembab seperti halnya orang tua.

2. Stres

Pada taraf tertentu stres memang bisa berdampak positif bagi hidup kita. Contohnya bisa lebih memotivasi. Sebab, pukulan dari tingkat stres yang sedikit bisa memicu pelepasan hormon adrenalin. Alhasil, membuat kita jadi lebih terpacu.
Namun, tekanan dari stres yang berlebihan bisa membuat perkara bagi kesehatan kita. Seperti sakit kepala, bahkan jantung. Nah, seiring waktu stres kronis dapat membuat kita terlihat lebih tua. Ditambah lagi, memberikan sejumlah masalah besar bagi fisik dan psikis kita.

3. Kurang aktif

Kurang aktif secara fisik adalah salah satu hal yang bisa membuat masalah baru bagi kesehatan kita. Contoh yang sering kita lihat sehari-hari adalah duduk terlalu lama. Padahal, duduk yang terlalu lama bisa menonaktifkan otot rangka di tubuh bagian bawah. Imbasnya, memberikan dampak negatif bagi metabolik tubuh.
Nah, bagi kita yang sering melalukan hal ini, tak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan ini. Cobalah untuk bangun dari tempat duduk lebih sering. Alangkah lebih baik, bila kita bergerak lebih banyak di tempat kerja.

4. Paparan bahan kimia

Menurut para ilmuwan paparan besar zat merkuri, arsenik, atau bahan kimia lainnya, bisa menimbulkan kematian. Jumlah yang sedikit pun juga masih berbahaya. Menurut berbagai penelitian, paparan kronis dengan relatif rendah juga bisa mendatangkan malapetaka bagi kesehatan kita.
Sebab zat kimia ini dapat mengalir di dalam darah kita, lemak tubuh, atau jaringan tubuh lainnya. Ujung-ujungnya akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh. Seperti menyebabkan gangguan hormon dan sistem tubuh lainnya.

5. Cuek pada kesehatan tubuh

Tekanan darah tinggi, serta tingkat gula darah dan koletstrol yang tinggi bisa merusak tubuh kita. Masalahnya, kadang-kadang banyak orang tidak tahu kalau mereka memiliki masalah ini.
Sayangnya, banyak orang baru sadar setelah masalah kesehatan yang lebih serius terjadi. Contoh, serangan jantung atau stroke. Jadi, akan lebih baik bila kita melakukan pengecekan kesehatan secara rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penuaan Dini Dapat Anda Lihat Dengan Ciri-ciri Berikut