Berbagi berbagai info dan pengetahuan umum. Disini kamu akan mempelajari apa yang ingin kamu pelajari, apa yang ingin kamu baca, dan apa yang ingin kamu ketahui.

Ubahlah Kerja Keras Anda Menjadi Kerja Cerdas Dengan 7 Hal Berikut

Melakukan pekerjaan sesuai minat sekalipun bisa mengalami rasa lelah dan jenuh. Apalagi jika bekerja terlalu keras. Jadi, bagaimana kalau berhenti bekerja keras dan memulai untuk bekerja cerdas.

Berikut adalah tips dengan mengubah kerja keras Anda menjadi kerja cerdas.

1. Mulai dari hal yang penting terlebih dahulu

Sepertinya sederhana, tetapi banyak orang membuat kesalahan dengan meninggalkan tugas yang paling penting hingga tak sadar jam bekerja hampir habis. Sebaiknya mulailah untuk memprioritaskan pekerjaan yang lebih penting terlebih dahulu lalu pekerjaan lain dengan tingkat kepentingan yang lebih rendah.

2. Tidur yang cukup

Tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup karena itu kebutuhan tidur harus terpenuhi, tujuh sampai delapan jam sehari. Ini akan membuat Anda lebih mudah fokus dan bisa berpikir kreatif karena kemampuan kognitif Anda meningkat. Banyak orang justru memilih untuk tidur lebih larut untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Sebaiknya, batasi waktu tidur Anda agar mendapatkan tidur yang cukup.

3. Mulai lebih awal

Mulailah lebih awal. Seperti poin yang disebutkan sebelumnya, tidur lebih awal juga akan membuat Anda terbiasa untuk bangun lebih awal. Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas jika Anda memulai hari lebih awal.

4. Berikan perhatian penuh pada setiap tugas yang Anda kerjakan

Terlalu sering mengecek ponsel atau membuka media sosial bisa saja membuat Anda lebih sulit untuk berkonsentrasi. Secara tidak sadar, hal tersebut adalah gangguan yang membuat pekerjaan Anda terpecah dengan beberapa kegiatan. Tunda untuk mengecek ponsel dan batasi penggunaan media sosial sampai pekerjaan Anda selesai agar Anda lebih produktif dan pekerjaan lebih cepat selesai.

5. Tak perlu terlalu sempurna

Jangan membuang waktu pada pekerjaan biasa dengan berinisiatif memberikan detail yang sangat sempurna. Waktu Anda hanya akan terbuang sia-sia hanya untuk memeriksa lagi dan lagi pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Tinggalkan dulu dan lanjutkan pekerjaan lain yang harus Anda kerjakan. Anda bisa memeriksanya kembali saat semua pekerjaan Anda telah selesai.

6. Tentukan batasan

Jangan menyanggupi semua pekerjaan yang dibebankan kepada Anda. Berikan batasan sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengerjakan pekerjaan utama, lalu tentukan berapa banyak Anda bisa menerima pekerjaan tambahan yang dibebankan kepada Anda. Ini bertujuan agar Anda tidak kewalahan dan justru membuat pekerjaan utama Anda tidak terselesaikan.

7. Beristirahat secara teratur

Meninggalkan meja kerja untuk mengambil istirahat sangatlah penting. Jangan menunggu hingga Anda benar-benar lelah baru Anda beristirahat. Manfaatkan waktu istirahat untuk mengisi kembali 'baterai' Anda agar mental dan fisik siap kembali untuk berkonsentrasi saat Anda kembali bekerja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ubahlah Kerja Keras Anda Menjadi Kerja Cerdas Dengan 7 Hal Berikut